Mengetahui Suhu Tubuh Normal Orang Dewasa


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Suhu tubuh badan normal orang dewasa, Terkadang kita jarang mengecek suhu badan kita dan kebanyakan orang belum terlalu perduli dengan suhu badan mereka  sebelum mereka merasakan badan mulai panas dan demam ini yang menjadi problem sekarang dimana kita bisa secara teratur menjaga suhu badan kita.
        untuk itu kita perlu memahami suhu tubuh agar kita dapat memahami gejala-gejala terserang sebuah penyakit seperti demam ataupun yang lainnya, alat untuk mengukur suhu tubuh "adalah Thermometer tubuh" dalam menggunakan thermometer jangan sampai kita salah menaruh di anggota tubuh maka dari itu bacaalah panduan pemakaian thermometer agar tidak salah dalam memakainya.



1. Berapa Suhu Tubuh Normal Bagi Orang Dewasa ?
           Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa suhu tubuh normal orang dewasa berada di sekitaran 37 Derajat Celcius memang kebanyakan rata-rata suhu tubuh normal orang dewasa adalah 37 Derajat Celcius namun banyak Riset dan Penelitian bahwa  suhu tubuh normal orang dewasa tidak selalu berada pada 37 Derajat Celcius.
       Dalam Kondisi sehat suhu tubuh manusia akan memgalami naik turun 0,5 sampai 0,6 Derajat Celcius, terutama pad pagi hari ketika awal bangun tidur suhu tubuh kita masih dingin karena tubuh kita beristirahat dan ketika kita melakukan olahraga maka suhu panas badan kitapun akan naik, namun tenang saja karena naiknya suhu badan ketika olahraga masih wajar dan dalam keadaan normal.
       Dalam Journal Of American Medical Association mengunggkapkan bahwa suhu normal orang dewasa yakni 36,7 Derajat Celcius. Adapun dari Kajian Dr Carl Wunderlich pada tahun 1992 di buktikan bahwa suhu tubuh normal orang dewasa adalah  36,8 Derajat Celcius. Akhirnya dalam dunia medis disepakati bahwa suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36,1 sampai 37,2 itu dikarenakan suhu tubuh manusia kadang mengalami naik turun.
      Namun Pada Riset yang dilakukan di rumah sakit Universitas Winthrop New York Amerika Serikat menghasilkan bahwa suhu tubuh normal orang yang berusia lanjut tidak lebih dari 37 Derajat Celcius kenapa..? Karena orang yg memasuki usia lanjut suhu tubuhnya akan mengalami suhu tubuh lebih dingin dibandingkan orang dewasa umumnya.
      Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perubahan suhu normal pada manusia umumnya memiliki perbedaan, nah perbedaan
ini umumnya mulai dari Kondisi Fisik Orang tersebut, Usia Orang tersebut, Aktifitas sehari-hari Nya, Pembagian Waktu Istirahat
dll.

2. Naik Turunnya Suhu Tubuh

Ketika suhu tubuh naik atau biasa di sebut hipotermia dapat menyebabkan kematian dan memperlambat kerja sistem saraf sehingga terjadi sesak nafas dan ketika berbicara suaranya tidak jelas. pada saat mengalami hipotermia suhu tubuh kita berada dibawah 35 Derajat Celcius hal ini biasa terjadi ketika seseorang kehujanan atau kedinginan karena AC ruangan tidak usah khawatir suhu tubuh rendah lebih mudah diatasi daripada suhu tubuh dingin karena solusinya mudah yakni Buatlah Teh atau minuman yang hangat, pakai selimut tebal, bisa juga keluar rumah untuk menghangatkan tubuh dengan sinar matahari.
       Ketika Suhu Tubuh Naik Atau biasa Disebut Hipertermia biasanya berada pada kisaran 39 sampai 40 Derajat Celcius 
Ketika mengalami demam atau suhu panas yang tinggi segeralah untuk diobati atau dibawa kedokter biasanya meminum obat penurun panas
yakni Paracetamol karena agar tidak terjadi masalah penyakit yang lebih serius seperti dehidrasi parah dan merusak sistem kerja 
saraf pada otak.

3. Faktor unik yang dapat membuat suhu tubuh manusia naik dan turun
      - Merokok dapat menaikkan suhu tubuh manusia karena ketika menghisap rokok otomatis suhu panas asap rokok akan terhisap dan masuk ke paru-paru, namun setelah kurang lebih 30 menit berhenti merokok maka suhu tubuh akan normal, namun bukan berarti rokok baik buat kesehatan, tetap saja roko dapat membuat penyakit jantung dan paru-paru maka kurangilah dalam merokok dan wujudkan lingkungan yang sehat pada keluarga anda.
  - Berbohong Dapat menaikkan suhu tubuh Di kutip dalam sebuah laman WEB bahwa suhu hidung akan meningkat. "Para ilmuwan Spanyol mengatakan ada kebenaran pada apa yang mereka sebut "efek Pinocchio." Tapi itu bukan hanya di hidung Anda area di sekitar mata Anda juga bisa menjadi lebih hangat. Para peneliti di University of Granada mengatakan kita merasa cemas dan takut ketahuan ketika berbohong, menimbulkan respon detak jantung yang semakin cepat, tubuh menjadi berkeringat dll.Dari situlah yang menyebabkan perubahan suhu pada hidung dan mata." Namun para ilmuwan masih terus menyelidiki kejadian unik ini.

- Pada saat tidurpun suhu tubuh akan mengalami pendinginan karena pada saat itu proses kerja tubuh berada pada saat istirahat sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi dingin, semakin nyenyak tidur seseorang makan suhu tubuhnya akan semakin dingin. suhu ruangan kamar saat tidur yang baik adalah berada di kisaran 18 sampai 22 Derajat Celcius.
      - Makan yang banyak ternyata ketika kita memakan banyak makanan dapat menghangatkan tubuh kita, maka ketika seseorang habis berolah raga renang yang biasanya kedinginan bisa langsung memesan makanan agar suhu tubuh kembali normal, namun porsi makan sehari-hari tidak boleh berlebihan karena juga dapat menyebabkan penyakit obesitas dll.

Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai Suhu Tubuh Normal Orang dewasa serta dampak yang terjadi ketika tubuh mengalami demam ataupun kedinginan.Jadi begitu penting bagi kita untuk mengetahui suhu normal dalam tubuh agar terhindar dari penyakit yang dapat menggangu aktifitas kita. "SEHAT ITU MAHAL-MAKA JAGALAH KESEHATAN"

SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon