Tips Mengurangi Bahkan Berhenti Dari Kecanduan Merokok


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Rokok menjadi salah satu konsumsi terbanyak yang rata-rata pemakai nya adalah orang tua dan pemuda, sudah di berikan berbagai peringatan maupun saran agar berhenti merokok namun masih saja diabaikan, bahkan banyak kasus yang terjadi karena rokok, rokok sendiri membawa dampak negatif bagi banyak orang tidak hanya bagi orang yang merokok tetapi juga bagi orang yang ada disekitarnya karena menghisap asap rokok.



Merokok sendiri terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit kanker paru-paru, serangan jantung, penyakit paru-paru kronik serta penyakit lainnya yg berbahaya. Karena rokok mengandung bahan kimia yg berbahaya seperti Nikotin, Tar, Sianida, Metanol, Amonia, serta Karbon monoksida.

Dikutip dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2007 silam dengan melakukan penelitian sekitar 209 perokok diminta untuk menikmati berbagai makanan dan menilai jenis makanan apa saja yg bisa membuat lidahnya terasa enak dan tidak. Dari berbagai macam makanan yang ada yang paling banyak dipilih adalah susu, karena susu dapat membantu menghilangkan sensasi pahit dilidah akibat dari merokok.

Serta menurut data diri dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI 51,1 persen masyarakat indonesia adalah perokok aktif dan angka itu sekaligus menjadikan indonesia menjadi tertinggi perokok aktif di Asia Tenggara. Sudah banyak himbauan, saran, slogan, bahkan iklan tentang bahaya merokok namun masih saja diabaikan.



Berhenti merokok hampir menjadi keinginan semua perokok aktif namun sayangnya keinginan untuk berhenti merokok tidak di dasari dengan tekad dan usaha yang maksimal sehingga masih tetap kecanduan, berhenti merokok berarti sama saja memberi kesempata bagi diri sendiri untuk hidup lebih sehat dan lebih berumur panjang.

Ketika hampir semua cara dilakukan untuk berhenti merokok sudah dilakukan tetapi masih belum bisa berhenti jangan cemas karena masih jalan dan cara untuk berhenti merokok. Berhenti merokok perlu proses yang secara bertahap tidak langsung bisa meninggalkannya sedikit-demi sedikit dengan tekad komitmen dan kesabaran.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba praktekkan agar mengurangi kecanduan merokok bahkan bisa berhenti merokok versi Solusisederhana.com :

1. Harus Punya Niat Untuk Berhenti Merokok
Semua yang kita inginkan harus diawali dengan niat karena jika niat kita benar sungguh sungguh ingin berhenti merokok pasti akan berhasil.

2. Bisa Mengendalikan Stress
Stress bisa menjadi salah satu alasan seseorang merokok karena dengan merokok seseorang bisa merasa lebih rileks dan tenang, jadi cobalah untuk melakukan berbagai cara lain sebagai penghilang stress seperti halnya mendengarkan musik, pijat relaksasi, ataupun yoga.

3. Berfikir Positif 
Cobalah arahkan pikiran anda agar bisa lebih berfikir positif bahwa rokok itu sebenarnya kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan anda serta merokok itu lebih banyak dampak negatifnya daripada manfaatnya.

4. Olahraga Yang Rutin
Olahraga secara rutin adalah obat stres alami karena dapat meninggkatkan Endorfin atau biasa juga disebut dengan hormon kebahagiaan sehingga bisa membuat kita lebih tenang dan rileks tanpa harus dengan bantuan rokok.

5. Cari Kesibukan Lain
Mencari kesibukan lain agar ketika punya waktu luang tidak digunakan untuk merokok bisa juga digunakan untuk istirahat makan, bermain game, main musik.membaca, pergi jalan-jalan. Ketika  hasrat keinginan untuk merokok datang coba alihkan dengan mengunyah makanan atau cemilan, banyak mantan perokok aktif yang berhenti merokok kemudian menjadi gemuk, karena merokok bisa mengurangi kadar makan yang biasanya.

6. Banyak Minum Air Putih
Ini adalah cara yang paling mudah yakni biasakan minum air putih ketika merasakan ingin merokok, minum air putih dipagi hari bisa menetralisir rasa pahit dan asam dalam mulut sehingga akan membuat hasrat merokok anda hilang.

7. Beritahu Keluarga Dan Teman Dekat 
Hal ini bisa menjadi salah satu solusi penting karena ketika kita memberitahu keluarga dan teman dekat otomatis mereka akan selalu mengingatkan ketika anda ingin merokok serta bisa menjadi semangat anda agar keluarga dan teman anda juga jauh dari rokok.

8. Istirahat Yang Cukup
Cobalah ketika anda ingin merokok ganti keinginan itu dengan tidur atau beristirahat karena istirahat sangat penting untuk memulihkan stamina dan menghilangkan beban seharian ataupun stres setelah seharian bekerja.

9. Bergaulah Dengan Teman Yang Tidak Merokok
Jadi perokok aktif itu bisa dari pergaulan dan bisa merubah gaya hidupnya, maka dari itu ketika anda mempunyai keinginan untuk berhenti merokok cobalah bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok agar anda tidak tergiur lagi untuk merokok.

10. Rutin Minum Susu
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas bahwa ketika seseorang rutin minum susu ternyata jika orang itu ingin merokok maka rokok yang dia rasakan tidak senikmat seperti dulu dan rasanya menjadi pahit sehingga tidak lagi mempunyai keinginan untuk merokok.

Mungkin memang sulit untuk berhenti merokok namun apa salahnya jika kita punya tekad keinginan yang kuat pasti bisa yakni dengan cara-cara diatas juga mengurangi konsumsi rokok sedikit-demi sedikit dengan mengatur berapa jumlah rokok yang dihisap per hari dikurangi secara bertahap dan terapkan pola hidup sehat, "ingat banyak orang yang masih membutuhkan anda termasuk keluarga, lingkungan serta anak-anak anda. Hindarkan mereka dari ganasnya asap rokok jangan biarkan mereka sakit karena anda merokok.


TIPS MENGURANGI EFEK KECANDUAN MEROKOK
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

4 komentar


EmoticonEmoticon