10 Makanan Penambah Trombosit Darah Alami


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pada postingan sebelumnya telah di bahas fakta tentang trombosit yang sudah bisa kita ketahui beberapa informasi tentang itu dan pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar trombosit ketika kita kekurangannya.
Ketika kadar trombosit kita rendah maka sistem kekebalan tubuh akan melemah dikarenakan kadar trombosit rendah sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dalam melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh sehingga dapat juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan akibat  perdarahan baik diluar maupun dalam akan terjadi.



Ada banyak faktor yang menyebabkan turunnya jumlah trombosit dalam darah menurun seperti yang sudah dijelaskan dalam postingan sebelumnya :


Namun ada salah satu penyebab turunnya trombosit yakni penyakit DBD atau biasa kita kenal  dengan Demam Berdarah, namun sekali lagi demam berdarah bukan lah penyebab utama dari rendahnya trombosit atau biasa disebut dengan trombositopenia atau dimana jika kadar trombositnya  dibawah atau sama dengan 150.000 microliter.

Rendahnya kadar trombosit bisa terlihat dengan gejala seperti memar pada kulit, muncul ruam merah pada kulit, mimisan, gusi berdarah, kelelahan, muntah darah, pendarahan abnormal saat menstruasi, pendarahan pada luka yg lama berhenti, hingga buang air besar dan kecil mengandung darah.

Berikut adalah 10 makanan yang dapat menambah kadar trombosit tubuh versi solusisederhana.com :

1. Jambu Biji dan Daunnya
Mungkin sudah banyak yang tau atau sering mendengar bahwa jambu biji bahkan daunnya memiliki khasiat untuk menambah trombosit dalam tubuh, dalam sebuah studi pada tahun 2017  menjelaskan bahwa jambu biji mempunyai zat aktif didalamnya yang biasa disebut dengan trombino yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif sehingga bisa lebih memproduksi keping darah lebih banyak.

2. Kurma
Sudah sering kita dengar tentang manfaat dari buah kurma yang melimpah salah satunya bisa menambah kadar trombosit dalam darah, karena mengandung gula alami yang bisa menjadi energi bagi tubuh serta juga memiliki kadar zat besi yang tinggi yang bisa menambah trombosit dalam tubuh serta mengandung vitamin K yang membuat tubuh kita bisa lebih banyak memproduksi trombosit.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau menjadi makanan selanjutnya yang bisa menjadi penambah trombosit karena dalam sayuran hijau mengandung zat besi dan vitamin K yang cukup tinggi, seperti yg sudah dijelaskan dimana Vitamin K ini bisa membantu memproses tubuh kita untuk bisa mendapatkan trombosit yg lebih banyak.

4. Gandum Utuh
Gandum utuh yang kaya akan serat, nutrisi, mineral, dan vitamin yang baik juga sebagai kadar asupan karbohidrat pengganti nasi putih saat sakit sehingga bisa membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

5. Buah Delima
Buah delima ternyata mampu membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah karena mengandung zat besi, mineral dan Vitamin C yang tinggi sehingga daapat meningkatkan sistem imun  dalam tubuh dan meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

6. Buah Kiwi
Tidak hanya bisa dan bermanfaat buat mengatasi penyakit anemia ternyata buah kiwi bisa menjadi makanan penambah trombosit yang cepat dan alami karena buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin K dimana vitamin ini sangatlah penting dalam proses pembekuan darah serta memiliki produksi trombosit yang banyak.

7. Putih Telur
Telur sudah hampir setiap hari kita konsumsi dengan mempunyai banyak kadar protein
telur bisa menjadi salah satu alternatif karena harganya yg murah dan sangat mudah dijumpai,
namun kali ini yang digunakan adalah putih telurnya karena mengandung senyawa albumin yang
merupakan sumber protein yang berfungsi membentuk plasma darah sehingga mampu membantu 
meningkatkan trombosit.

8. Buah Jeruk
Ternyata buah jeruk yang bisa meningkatkan asupan folat atau biasa disebut vitamin B9, karena penyebab rendahnya trombosit yakni kekurangan asupan asam folat atau Vitamin B9 sehingga dengan mengkonsumsi jeruk bisa meningkatkan asupan folat atau vitamin B9.

9. Kismis
Memiliki kandungan zat besi yang tinggi meskipun termasuk buah kering namun kandungan yang ada didalam kismis tidak kalah dengan buah segar, konsumsi bisa dicampur dengan madu ataupun susu sehingga bisa menambah trombosit dalam tubuh.

10. Alpukat
Buah ini memiliki lemak baik yang tinggi sehingga menjadikan buah ini memiliki banyak manfaat, ternyata buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan agar bisa menambah kadar trombosit dalam tubuh.

Dari beberapa makanan diatas kita juga perlu mengerti cara mengolahnya seperti ketika ingin mengolah buah sebaiknya di jus dan ditambahkan madu karena lebih baik madu dibandingkan gula, kemudian yang bersifat sayuran bisa diolah dengan merebusnya. Konsumsilah sesuai kadarnya jangan berlebihan karena ketika kadar trombosit dalam tubuh melebihi kadar normalnya maka akan menimbulkan permasalahan penyakit lainnya.

10 MAKANAN PENAMBAH KADAR TROMBOSIT  DALAM TUBUH
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon