Fakta Penting Tentang Trombosit Darah Yang Harus Kita Ketahui


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Trombosit banyak orang yg belum mengerti apa itu sebenar trombosit. Trombosit sendiri merupakan salah satu komponen darah yang memiliki fungsi utama dalam proses pembekuan darah normal. Kadar Trombosit dalam tubuh dapat digunakan sebagai deteksi dini atau mendiagnosis atau memperkirakan berbagai penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan masalah penyakit pada penggumpalan darah, ketika kadar trombosit dalam darah normal maka dapat membantu menghalau penyakit yang akan menghampiri kita, begitupun sebaliknya ketika kadar trombosit rendah maka tubuh akan rentan terserang berbagai penyakit.

Fungsi Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah, seperti halnya ketika mengalami luka, maka trombosit akan langsung bekerja dengan berkumpul ke tempat yang terluka kemudian membuat pembuluh darah menciut atau mengecil agar tidak banyak darah yang keluar serta dapat membantu proses pembentukan benang pembekuan darah atau biasa disebut dengan benang fibrin, agar dapat menutupi daerah luka sehingga dapat menghentikan pendarahan yang terjadi pada luka.

Trombosit sendiri mampu berperan penting dalam melawan inveksi virus dan bakteri dengan memakan serta menghancurkan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Sifat trombosit yang dikenal mudah pecah dan menggumpal ketika ada suatu gangguan, benturan ataupun kegencet yang dapat memicu terjadinya penyakit Stroke dan Jantung, para penderita penyakit stroke dan jantung diberikan obat yang biasa disebut (anti platelet) agar trombosit tidak mudah menggumpal sehingga menyebabkan plak dalam pembuluh darah.

Kadar jumlah trombosit normal dalam darah berkisar antara 150.000 sampai 400.000 trombosit per mikroliter (mcL) namun kadar normal trombosit seseorang biasanya berbeda-beda. Kadar trombosit rendah pada seseorang atau biasa dikatakan trombosit tidak normal jika berada di bawah 150.000 secara signifikan.



Ketika Trombosit darah kita rendah atau biasa disebut dengan Trombositopenia biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut  SolusiSederhana :
- Leukimia
- Penyakit Ginjal
- Kehamilan 
- Anemia
- Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh 
- Defisiensi Zat Besi & Asam Folat
- Sirosis
- Infeksi Seperti Demam Berdarah & Sepsis

Ketika kadar trombosit darah kita tinggi atau biasanya disebut dengan Trombositosis biasanya terjadi karena beberapa faktor berikut SolusiSederhana :
- Tuberkulosis
- Tinggal Di Dataran Tinggi
- Kanker
- Penggunaan Pil KB 
- Kelainan Pada Sumsum Tulang (Polisitemia Vera)

Gejala ringan yang biasanya terjadi ketika kadar trombosit tinggi adalah mengalami sakit kepala, pusing, sakit dada, pingsan, mata berkunang-kunang, mati rasa atau juga kesemutan pada tangan dan kaki.

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa trombosit dalam darah sangat berperan penting namun juga harus terjaga dalam kondisi normal tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan karena dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah karena jumlah trombosit yang normal sangatlah penting agar bisa membantu menangani luka secara alami dari dalam tubuh melalui darah, segera periksa dan konsultasikan ke dokter ketika mengalami masalah kekurangan ataupun kelebihan trombosit agar tidak begitu parah. 



TROMBOSIT DARAH
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. baru tau saya trombosit darah, thanks gan artikelnya, seriing sih denger trombosit darah, namun gak tau itu apaan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kakak sudah mampir semoga bermanfaat..jangan lupa baca artikel yang lain yah biar kita semua lebih tau tentang kesehatan..

      Hapus


EmoticonEmoticon