7 Tips Menjaga Dan Mengurangi Emosional Saat Menstruasi Atau Haid


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Menstruasi atau Haid adalah hal yang pasti dialami oleh perempuan di setiap bulannya di barengi dengan adanya perubahan sikap pada perempuan yang mengalami haid, Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh, salah satunya adalah hormon Serotin dimana hormon ini Neurotransmiter otak yang berguna untuk mengendalikan mood pada perempuan ketika sedang Menstruasi.



Gejala Emosional Saat Menstruasi :

1. Mudah Marah 
2. Depresi
3. Sangat Sensitif
4. Mudah Gugup
5. Mudah Cemas 
6. Gampang Menangis 

Perlu diketahui gejala-gejala diatas biasanya terjadi pada saat Satu Minggu sebelum jadwal menstruasi kalian dan biasanya akan berhenti satu atau dua hari setelah menstruasi mulai, akan lebih baiknya untuk bisa mengontrol gejolak-gejolak emosi yg terjadi saat Menstruasi.

Proses Emosional saat Menstruasi sesuatu yg tidak dapat di cegah dan pasti akan terjadi namun tidak udah khawatir kali ini admin solusisederhana.com akan memberikan "Tips Menjaga Emosional Saat Menstruasi/Haid". Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan kaum perempuan ketika sedang di landa emosi menjelang Menstruasi :

1. Istirahat Yang Cukup

 Dikutip dari The National Sleep Foundation menyatakan bahwa 30% dari perempuan pada saat menstruasi kurang tidur bisa menyebabkan gangguan emosional, karena saat menstruasi perempuan banyak membutuhkan waktu buat istirahat karena energi dalam tubuhnya berkurang.

2. Banyak Konsumsi Air Mineral

 Kandungan mineral yang ada ternyata mampu membantu mengurangi rasa sakit, retensi cairan dan gejala lainnya yang disebabkan karena tubuh yang kekurangan energi kalsium dan mineral.

3. Perbanyak Olahraga

 Berolahraga menjadi salah satu hal yang bisa membuat para perempuan yang sedang dalam masa Menstruasi dimana tingkat emosionalnya tidak stabil, maka lakukanlah olahraga yang anda gemari karena dapat meningkatkan suasana hati kalian sekaligus juga bisa mengatasi Stress dan Depresi saat Menstruasi. Karena ketika kita berolahraga Zat Endorfin yang merupakan zat kimia otak yang memiliki fungsi bersifat baik yang akan kita peroleh ketika berolahraga sehingga dapat meredam hormon yang membuat kita emosional.

4. Sering Ngemil

 Ngemil secara teratur lebih baik karena akan membuat tubuh terjaga asupan makanannya daripada makan 2 kali sehari namun dalam porsi besar yang mengandung karbohidrat hal itu dikhawatirkan dapat menyebabkan naik nya kadar gula dalam darah dan berdampak semakin memperburuk emosional kalian saat Menstruasi.



5. Lakukan Relaksasi 

 Aktifitas sehari-hari setelal pulang kerja, pulang kuliah, ataupun pulang sekolah terkadang membuat kalian para perempuan merasakan sangat lelah karena Menstruasi dapat membuat emosi kalian meningkat. Nah Proses Relaksasi Tubuh perlu kita lakukan seperti halnya dengan melakukan aktifitas kita secara lebih santai dan senang, mendengarkan musik, membaca majalah, menonton film atau bisa juga dengan melakukan hobi kesukaan kalian.

6. Konsumsi Makanan Berkalsium

 Makanan yang berkalsium tinggi ternyata dapat membantu meredakan nyeri pada saat Menstruasi serta dapat meningkatkan mood, karena pada saat menstruasi kadar kalsium dalam tubuh sewaktu haid dapat tergantikan oleh makanan yang berkalsium tinggi seperti sayur-sayuran yakni brokoli, bayam sawi, lobak, kacang-kacangan serta biji-bijian bisa di kolaborasikan dengan Susu, Yoghurt dan keju.

7.Konsumsi Suplemen Bernutrisi

 Pada saat mengalami Menstruasi atau Haid keseimbangan nutrisi dalam tubuh harus terjaga agar tidak mudah marah ataupun lelah, karena ketidakseimbangan nutrisi bisa membuat perempuan lebih cepat marah, maka dari itu alangkah baiknya coba untuk mengkonsumsi Vitamin B, Vitamin D, Magnesium serta Kalsium yang bisa membantu meningkatkan mood menghilangkan Kecemasan serta mengurangi Kecemasan.

 Itulah beberapa tips yang bisa kalian para perempuan di rumah ketika sedang Mengalami Menstruasi agar bisa lebih mengontrol emosi dan meredakan nyeri, jika butuh bantuian orang lain seperti keluarga jangan ragu pasti mereka akan membantu kalian agar bisa lebih mudah menstabilkan emosi. 
           Jika dirasa kalian mengalami Menstruasi yang tergolong parah langsung saja dibawa  kedokter yang nantinya akan diberikan obat antidepresan ataupun obat lainnya yg bisa menstabilkan kondisi emosional tubuh.


7 TIPS MENJAGA EMOSI SAAT MENSTRUASI & HAID
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon