Hari Perawat Internasional 2019, Seimbangkan Pikiran, Tubuh Dan Jiwa


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Setiap tahun nya pada tanggal 12 Mei di peringati sebagai hari perawat internasional atau biasa disebut sebagai "International Nurses Day" ini di peringati sebagai bentuk penghargaan kepada para perawat yang sudah berkontribusi terhadap masyarakat.

Peringatan hari perawat Internasional di cetuskan oleh "International Council Of Nurse" atau dikenal dengan Dewan Perawat Internasional untuk menghargai dan mengenang Pelopor "Ilmu Perawat Modern" yakni Florence Nightingale, Ia juga dikenal sebagai Bidadari Berlampu karena atas jasanya yang tanpa lelah mengumpulkan korban perang yang terjadi pada perang krimea di Rusia.

Perawat adalah salah satu profesi besar dalam melayani kemanusiaan dan juga sangat berperan penting dalam dunia kesehatan bagi masyarakat, Di Indonesia sendiri terdapat "Persatuan Perawat Nasional Indonesia" (PPNI) yang sudah menjadi bagian dari anggota ICN, yang terdaftar sejak tahun 2003 dan menjadi anggota yang ke 125 dari berbagai negara di dunia.

Peringatan Hari Perawat Internasional pada tahun 2019 ini mengambil sebuah Tema yakni "Keseimbangan Pikiran, Tubuh dan Jiwa Bagi para Perawat" atau dalam bahasa inggrisnya " The Balance Of Mind, Body, And Spirit For Nurses".



Pada kesempatan kali ini admin solusisederhana.com akan mencoba sedikit membahas tentang  tema diatas yakni "Keseimbangan Pikiran, Tubuh dan Jiwa Bagi para Perawat" oke langsung saja berikut sedikit penjelasannya :

1. Keseimbangan Pikiran 

Seorang perawat harus bisa menyeimbangkan pikiran dengan langkah yang tepat agar dalam mengambil suatu keputusan harus benar-benar sesuai dengan jalan pikiran, dampak yang akan terjadi serta tidak terlalu terburu-buru dalam mengambil langkah, agar sesuai dan bisa menangani pasien dengan tenang, aman dan sesuai prosedur yang ada. jadi akan balance antara pikiran dan langkah yg akan di ambil.

2. Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh adalah salah satu faktor yang dibutuhkan bagi setiap individu terutama perawat karena menjadi salah satu faktor dalam melakukan dan mengontrol gerak tubuh yang meliputi kekuatan, koordinai, fleksibilitas dan daya tahun tubuh. Sehingga dari situlah ketika keseimbangan tubuh baik maka akan memungkinkan seorang perawat melakukan aktifitas atau gerakan yang efektif dan efisien tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

3. Keseimbangan Jiwa

Keseimbangan jiwa adalah hal utama yang harus di miliki setiap individu khusunya setiap perawat, kondisi keseimbangan jiwa manusia bisa digambarkan proses kerja seluruh organ tubuh yang berfungsi dan berjalan secara normal untuk menunjang tubuh, karena ketika seorang perawat kondisi keseimbangan jiwa nya bermasalah itu dapat berpengaruh dalam pekerjaannya ketika menangani pasien.

Dari ketiga proses tersebut "Keseimbangan Pikiran, Tubuh dan Jiwa Bagi para Perawat" kita bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa menjadi seorang perawat harus benar-benar balance antara pikiran, tubuh, dan jiwa sehingga akan cepat tanggap dalam menangani sebuah pasien, karena memiliki resiko yang besar ketika salah satu dari tiga hal diatas tidak seimbang, semuanya akan berantakan dan dalam mengambil sebuah tindakan atau keputusan tidak bisa sesuai dengan kejadian yg dialami.

Semoga dengan adanya peringatan hari perawat sedunia bisa bertujuan agar dapat menginspirasi kita semua terutama rakyat Indonesia agar lebih peduli dan menghargai dunia kesehatan untuk kita, keluarga ataupun lingkungan sekitar kita.

Terima kasih kepada seluruh perawat didunia peran kalian sangat besar dalam melayani kemanusiaan bagi kita semua, semoga terus diberi waktu dan kesehatan agar bisa selalu membantu bagi kami yang membutuhkan pertolongan kesehatan.



SELAMAT HARI PERAWAT INTERNASIONAL 2019

SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon