Berikut Tips Agar Berat Badan Stabil Tidak Lebar-an Setelah Lebaran


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  Halo Healthies jumpa lagi dengan admin solusisederhana.com, pada momen kali ini admin mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin) momen lebaran adalah momen yang sangat suci dan sangat menggembirakan, penuh kesyukuran karena setelah berpuasa selama satu bulan lama nya dengan menahan lapar, haus, emosi, hawa nafsu di hari lebaran ini kita bersyukur dengan bersilaturahmi, saling memaafkan mudik ke kampung halaman bertemu orang tua sanak saudara momen-momen seperti inilah yang membuat hati dan diri kita menjadi lebih senang, adem, tenang.



Pada momen lebaran cocok bagi orang yang ingin meningkatkan berat badan karena pada hari-hari lebaran biasanya ketika kita berkunjung kita di hidangkan makanan ringan dan snack yang enak bagi yang ingin gemuk ya makan aja semua hehe tapi jika ingin sehat dan berat badan stabil ya kita juga harus bisa mengontrol asupan gula, garam dan lemak yang pas sehingga tidak ke Lebar-an (Kegemukan) setelah lebaran.


Ajuran asupan Gula, Lemak & Garam yang pas saat lebaran :

1. Konsumsi Gula 

Dalam momen hari lebaran kita harus bisa mengontrol asupan gula yang cukup yakni perhari 10% dari total energi (200 kkal) atau biasanya setara dengan 50gram yakni setara 4sdm  gula.

2. Konsumsi Lemak 

Dalam momen hari lebaran kita juga harus bisa mengontrol asupan lemak yang cukup untuk tubuh per hari yakni 25% dari total energi (702 kkal) atau sebanyak 67 gram yakni setara dengan 5 sdm minyak.

3. Konsumsi Garam 

Seperti halnya konsumsi Gula & Lemak pada saat hari lebaran kita juga harus bisa mengontrol asupan garam yang cukup dalam tubuh, konsumsi garam per hari adalah 2000 mg natrium atau sebanyak 5 gram yang biasanya setara dengan 1 sdt garam.



Berikut adalah beberapa tips biar ga panik lihat timbangan sehabis lebaran, yakni tips sehat konsumsi gula, garam & lemak yang aman dan sehat, Kalau berarti ga boleh banyak makan dong ? Ingat ya makan boleh tapi jangan berlebihan :

-  Pilih bahan makanan yang segar.
-  Baca label kemasan dengan teliti.
-  Kurangi makanan dan minuman dengan pemanis buatan berlebihan.
-  Kurangi makanan yang di awetkan, diasinkan, seperti makanan kaleng, acar asinan dll.
- Batasi menggunakan MSG/Vetsin atau bisa diganti dengan bahan alami seperti bawang merah, kunyit, ketumbar dll.
-  Kurangi makanan dengan kadar kolestrol yang tinggi seperti jeroan, udang, kepiting dll.
-  Kurangi menggunakan santan dan minyak dalam mengolah makanan.

Jadi mari kita terus terapkan pola hidup sehat dari berbagai aspek baik makanan, minuman, lingkungan dan lainnya yang mempunyai pengaruh penting bagi kesehatan kita semua apa lagi setelah sebulan berpuasa yang dimana organ pencernaan kita diistirahatkan dari pagi sampai menjelang malam setelah hampir satu tahun tanpa henti memproses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi.

TIPS BERAT BADAN STABIL DAN TIDAK LEBAR-AN SETELAH LEBARAN 
 SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

8 komentar

  1. wahhhh saya nih yang ga bisa ngontrol makanan yang masuk setelah lebaran. Ada nastar ya masuk, ada kue monde ya masuk hehehe. Tapi untungnya sih saya hobi banget olahraga lari jadi tetep bisa sehat. Makasih infonya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha asal jangan toples nya ikut masuk juga mas, yaps tetap harus diimbangi dengan olahraga mas agar stabil dan tidak kegemukan hehe..

      Hapus
  2. Wah ini bagus sekali mas tipsnya bagi yang suka lebaran badanya wkkw tapi badan saya kurua terus mas kasih tipsnya dong heheeh😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi begadang mas, perbanyak istirahat dan atur pola makan..salam hidup sehat

      Hapus
  3. Tips yg bermanfaat...
    Setelah moment Ramadhan & Idul Fitri, waktunya menahan nafsu makan.... Wakakkkkk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe benar mas tapi jika nafsu makan tinggi maka barengilah dengan olahraga agar keseimbangan tubuh terjaga..salam hidup sehat..

      Hapus
  4. Wah gw banget njirr, ane ikutan dah tips ini semoga bisa turun lg bbnya
    https://cara-rino.blogspot.com

    BalasHapus
  5. jangan lupa olahraga agar menjaga keseimbangan tubuh yang sehat bugar dan kuat, salam hidup sehat..

    BalasHapus


EmoticonEmoticon