Early Psychosis Faktor Penyebab Dan Gejalanya


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Psychosis atau dalam bahasa indonesia nya adalah psikosis atau psikotik adalah sebuah kondisi yang bisa menyerang siapa aja terutama anak muda yang dimana ditandai dengan kondisi mental yang tidak normal disertai dengan Halusinasi dan Delusi serta dalam berbicara tidak terarah dalam sebuah tujuan melainkan bicara yang ngawur atau nglindur, jika kondisi ini tidak segera ditangani penyakit ini bisa menyebabkan sakit jiwa yang parah.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa pengobatan dini terhadap penyakit ini bisa memberikan hasil kesembuhan yang lebih baik. Namun sebaliknya jika pengobatan ini tertunda maka jelas sudah pasti akan semakin memperburuk kondisi penderita dan bahkan berkemungkinan mengalami sakit jiwa parah. 



Menurut dr.Nataligrum Sukmarini, SpKJ(K).MKes (Psikiater RS dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor menjelaskan bahwa istilah "Psikotik atau Psikosis" seiring semakin berkembangnya program kesehatan jiwa hingga ke masyarakat bahwa Psikotik merupakan salah satu masalah kesehatan jiwa yang dialami oleh seseorang ditandai dengan adanya kesulitan dalam menilai realita sehingga seseorang tersebut tidak mampu untuk membedakan bahwa sesuatu hal tersebut nyata atau tidak.

# Deteksi dini gejala Early Psychosis Pada Remaja :

1. Memiliki pikiran aneh dan tidak biasa
2. Mendengar bisikan ghoib yang mengomentari atau menyuruh
3. Merasa curiga dan yakin bahwa orang lain bermaksud jahat kepadanya
4. Alami rasa takut dan cemas yang berlebihan tanpa sebab yang jelas
5. Mulai menghindari aktivitas ramai pertemanan, interaksi sosial dan bisa juga menolak sekolah
6. Saat diajak berbicara sering kali tidak nyambung
7. Berperilaku aneh dan membingungkan setiap hari 
8. Tampak murung dan malah untuk beraktvitas

Jika kalian merasa Pacar, Gebetan, Temen, Saudara, atau Anggota Keluarga kalian ada yang sesuai dengan gejala Psikosis jangan panik dulu, kalian bisa langsung ajak ke Puskesmas atau RSUD untuk memeriksakan gejala tersebut. Karena semakin cepat penyakit ini diketahui maka peluang sembuh semakin baik dan mereka bisa melanjutkan kehidupan sehari-hari dengan normal.

# Faktor Penyebab Gangguan Psikosis/Psikotik :

- Faktor Biologis dimana adanya peningkatan aktivitas zat kimia otak (Dopamin) yang biasanya disebabkan karena keturunan, kelainan organik atau penggunaan Napza dll.
- Faktor Psikologis ini biasanya seseorang tersebut memiliki kepribadian yang tertutup, motivasi diri, serta pola pendidikan keluarga dll.
- Faktor Sosial Trauma akan sebuah peristiwa yang membuat orang tersebut stress, konflik dalam keluarga, lingkungan yang kurang mendukung dll.

Sampai saat ini tercatat 18,6-21% Remaja terkena psikosis dini di seluruh dunia angka tersebut tidak terbilang sedikit karenanya intervensi dini yang diwujudkan dalam program dan layanan bagi psikotik awal telah dilaksanakan diberbagai negara yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris dan beberapa negara eropa lainnya. Hongkong dan Singapura bahkan telah menjadikan program early psikosis ini sebagai program nasional di negara mereka karena dampak dari penyakit itu bisa menambah beban negara akibat penyakit tersebut sangat besar.



Berikut program dan pelayanan Early Psychosis secara garis besar yang ada di berbagai negara :

1. Melakukan Skrining pasien baru early psychosis 
2. Sharing dan diskusi yang dilakukan oleh pasien, keluarg dan dukungan teman.
3. Assertive community treatment (ACT) dan intervensi krisis di masyarakat
4. Pelayanan rawat jalan atau rawat inap :
- Penegakan diagnosis dan monitoring
- Pemberian Psikofarmakologi
- Psikoedukasi pasien, keluarga dan keperawatan
- Medication adherence strategies
- Manajemen Stress
- Social skill training
- Relapse prevetion plan
- Psikoterapi : Suportif, CBT
- Assertive follow-up 

Dorongan dan dukungan dari keluarga dan teman sangatlah penting bagi proses penyembuhan psikosis dini dan mereka bisa di rawat jalan tanpa perlu dirawat dirumah sakit, mendapatkan perawatan di tengah-tengah keluarga, temen, saudara dan masyarakat sekitar dinilai lebih cepat untuk pemulihan psikosis. Namun ada juga pasien psikosis yang harus mendapatkan rawat inap dirumah sakit dikarenakan harus dilakukan pemeriksaan kesehatan yang terperinci dan intensif, ketika dirawat dirumah sakit mereka diberikan lingkungan yang nyaman dan santai agar mereka bisa merasakan tingkat keamanan dan stabilitas yang lebih baik.


EARLY PSYCHOSIS PADA REMAJA

SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. Dijelaskan bahwa salah satu penyebab dari psikotik adalah memiliki kepribadian yang tertutup. Apakah yg dimaksud dengan kepribadian tertutup ini adalah introvert atau yang lainnya?

    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaps yang dimaksuda kepribadian yang tertutup disini adalah introvet dimana dia lebih menyukai suasana tenang, menghindari aktivitas ramai dan bahkan jarang berinteraksi sosial, jadi ketika dia mempunyai suatu masalah tidak mau bercerita dan pada akhirnya menjadikan dia terkena easy psychosis dengan berhalusinan, ngelindur dll.. salam hidup sehat..

      Hapus


EmoticonEmoticon