Info Dan Tips Mudik Lebaran Sehat, Aman Dan Selamat Sampai Tujuan


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mudik bisa dikatakan sebagai salah satu tradisi yang dinanti hampir semua kalangan masyarakat, dengan mudik bertemu dengan saudara, keluarga yang jarang bisa kita temui karena beda kota ataupun beda pulau. Momen itu ternyata tinggal menghitung hari, tentunya persiapan mudik lebaran sudah dipersiapkan dari jauh hari sebelumnya karena tidak ingin ketinggalan momen fitri di hari lebaran dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dikampung halaman saat hari raya idul fitri nanti.



Bisa dibilang setiap tahunnya jumlah pemudik semakin bertambah seiring bertambahnya pula masyarakat yang mengadu nasib dengan bekerja di perantauan, jadi dengan bertambahnya pemudik dipastikan kondisi jalan raya atau tol akan semakin bertambah ramai, dari beberapa data yang ada banyak dari berbagai elemen lembaga baik Bumn dan swasta yang mengadakan mudik bersama dengan menggunakan Bus sehingga dapat mengurangi pengendara motor yang sering terjadi kecelakaan.

pada kesempatan kali ini admin solusisederhana.com akan memberikan tips mudik lebaran (Sehat, Aman, Selamat dan Bahagai Berjumpa Keluarga Di desa) agar kita semua yg mudik bisa selamat sampai tujuan dan merasakan hangatnya silaturahmi dibulan yang fitri :

1. Sehat 

Siapkan fisik yang prima serta mental sekuat baja karena diperjalanan akan membutuhkan energi dan fisik yang prima baik pengendara maupun penumpang, Keterangan dari Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek memberikan himbauan agar terlebih dahulu mengecek kesehatan sebelum mudik karena pada tahun 2019 ini sudah di sediakan ada sekitar 6.047 fasilitas kesehatan untuk pemudik pada tahun ini yang lebih tinggi dari tahun lalu 3.910, yang terdiri dari 923 pos kesehatan, 4.210 puskesmas, 375 Rumah Sakit di sekitar jalur pantura, 144 Rumah sakit rujukan, 207 Kantor Kesehatan di Pelabuhan serta 188 Public Safety Center yang nantinya bisa digunakan para pemudik untuk memeriksakan kesehatan.

2. Aman 

Setelah kondisi kesehatan siap dengan baik selanjutnya yakni periksan keamanan kendaraan dari mulai Roda, Lampu, Rem, Oli, Mesin karena ketika semua itu siap dengan baik dan motor sudah di servis mudik anda bisa dipastikan aman dengan catatan melaju sesuai dengan aturan yang ada serta tidak mengendarai saat mengantuk, istirahatlah di rest area terdekat atau masjid spbu dll.

3. Selamat

Nah selanjutnya jika kita ingin selamat dijalan alangkah baiknya patuhilah atura lalu lintas yang ada, berkendara dengan kecepatan normal, waspadai kondisi jalan yang rusak bergelombang atau licin saat cuaca buruk, Gunakan masker ketika mengendara dengan kendaraan motor agar terhindar dari polusi udara, Waspada terhadap orang asing berhati-hati saat dikasih makanan oleh orang asing di perjalanan karena bisa saja anda jadi korban hipnotis.

Tidak usah khawatir karena pelayanan kesehatan mudik lebaran ini siap siaga 24 jam yang tersedia 6.047 di seluruh provinsi yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk memeriksakan kesehatan di posko kesehatan, posko kesehatan sendiri telah siap dan beroperasi mulai dari H-7 lebaran sampai H+7 lebaran guna memudahkan para pemudik yang ingin memeriksakan kesehatan ataupun ketika ada permasalahan seperti kecelakaan, pingsan ataupun hal lainnya yg tidak terduga.

Jangan Ragu untuk menghubungi Public Safety Center 119 yakni layanan cepat tanggap darurat apabila mengalami masalah gangguan kesehatan yang darurat, kemenkes sendiri sudah menyediakan sekitar 188 PSC yang siap siaga 24 jam untuk mendukung kelancaran dan keamanan saat mudik. karena PSC ini terhubung langsung dan terpusat di kementerian kesehatan yang nantinya jika terjadi sebuah peristiwa di suatu daerah ketika anda menghubungi 119 maka komando pusat kemenkes akan langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan rumah sakit terdekat guna melakukan pertolongan pertama gawat darurat bagi korban. (Dikutip dari http://www.depkes.go.id)

Persiapkanlah segala sesuatu dengan baik agar mudik anda lancar buatlah suasana senyaman mungkin ketika dalam perjalanan, selalu berdoa sebelum berangkat dan istirahatlah ketika lapar.

INFO DAN TIPS MUDIK SEHAT, AMAN, SELAMAT 2019
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. dan jangan lupa juga untuk selalu memastikan keadaan rumah selalu aman, misal dengan mengunci, menggembok pagar, dan juga jangan lupa mengecek kompor sebelum bepergian hehehe, mudik kemana nih bro?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener itu juga tidak kalah pentingnya, agar rumah yg ditinggal juga aman..mudik ke kampung halaman hehe..semoga bermanfaat..

      Hapus


EmoticonEmoticon