Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Perempuan Harus Lebih Mengerti Dan Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  Hari ini tanggal 28 Mei 2019 adalah hari Kebersihan Menstruasi Sedunia (Menstrual Hygiene Day), mungkin masih jarang sekali masyarakat yang mengerti akan hari ini, Hal ini dicetuskan pada tahun 2013 oleh sebuah organisasi non pemerintah asal jerman, yakni Wash United yang kemudian baru di realisasikan pada tahun 2014. (CNN Indonesia) 

Tanggal 28 kenapa dipilih sebagai hari kebersihan menstruasi sedunia ? itu karena rata-rata wanita menstruasi setiap 28 hari sekali, dengan rata-rata fase lama menstruasi lima hari sehingga diambil bulan 5 yakni bulan Mei, agar masyarkat lebih memperhatikan terutama bagi ibu-ibu serta anak perempuannya yang sudah mengalami masa menstruasi agar selalu rajin menjaga kebersihan saat menstruasi.




Kenapa perlu diperingati ? dalam postingan di instagram kementerian kesehatan Republik Indonesia bahwa ada sebanyak 63% orang tua tidak pernah memberikan penjelasan tentang menstruasi kepada anak perempuannya, dan sekitar 39% anak perempuan pernah diejek temannya saat mengalami menstruas, melihat dari kedua hal tersebut maka alangkah baiknya orang tua dan guru perlu memberikan bimbingan dan penjelasan kepada anak perempuan dan laki-laki tentang menstruasi adalah hal wajar yang pasti akan terjadi dan bukan bahan untuk ejekan teman serta juga bisa lebih membersihkan diri.

Bagi para perempuan jangan sampai kalian cuek akan kebersihan diri kalian sendiri walaupun saat menstruasi, karena itu semua bisa berpengaruh terhadap kesehatan bagian intimmu untuk kedepannya agar kalian terhindar dari penyakit yang berbahaya yg mengancam area kewanitaan yakni kanker serviks, Di indonesia sendiri ada 15 ribu kasus setiap tahunnya dan sekaligus menjadi pembunuh wanita terbesar di indonesia. Menurut dokter Dwiana Ocviyanti.

Pastikan kalian sering mengganti pembalut secara rutin saat menstruasi paling tidak setiap 6 jam sekali, serta bersihkanlah area kewanitaan dari darah agar terhindar dari infeksi, karena sangat berbahaya jika kalian jarang mengganti pembalut yang kalian pakai dan tidak membersihkan bagian kewanitaan dan sekitarnya dari darah hal ini bisa memicu terjadinya infeksi pada saluran reproduksi, saluran kencing, serta iritasi pada kulit.

Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Eni Gustiana Bahwa " Masih banyak anak yang malu, khawatir, tertekan apabila temennya sekelas tahu dia sedang menstruasi, hal ini perlu adanya penjelasan dari orang tua dan guru agar hal itu tidak menjadi masalah ketika kalian sedang menstruasi, serta harus mengganti pembalut karena ketika di tahan tidak mengganti pembalut di sekolahan dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadi infeksi. (Minggu 28 Mei 2017).

Bagi para perempuan kalian harus Tahu bagaimana pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan, Harus Paham Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga area kewanitaan serta menjaga dan merawat terutama diri sendiri kebersihan dan kesehatan area kewanitaan sejak menstruasi terutama harus lebih dibersihkan ketika sudah menikah. 

Ketika mengalami kram berlebihan dan mules pada perut saat menstruasi, tidak perlu khawatir cobalah atasi dengan jalan kaki dan banyak bergerak tidak perlu minuman pereda nyeri, saat menstruasi perempuan bisa beraktivitas fisik secara normal namun di sarankan untuk rajin mengganti pembalut dan celana dalam.

Menstruasi adalah proses pendarahan normal yang terjadi disetiap bulannya pada perempuan karena faktor hormon reproduksi, darah yang keluar akibat dari peluruhan lapisan endrometrium yang keluar bersama darah melalui vagina.

Nah banyak sekali bahaya yang terjadi jika kalian para perempuan tidak rajin dan teliti dalam membersihkan area kewanitaan, jika kalian masih belum begitu mengerti menstruasi cara membersihkannya cara merawatnya ataupun yang lainnya kalian bisa bertanya kepada guru perempuan, ibu atau saudara perempuan kalian agar kalian bisa paham dan mengerti serta terhindar dari bahaya penyakit yang menyerang area kewanitaan.


HARI KEBERSIHAN MENSTRUASI SEDUNIA 
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. blog bermanfaat untuk semuanya, walau saya lelaki, tapi ini membuat saya jadi tau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap mas walaupun cowok tetapi untuk masalah kesehatan perlu di ketahui agar tidak ketinggalan informasi kesehatan..

      Hapus


EmoticonEmoticon