Hari Gizi Nasional 2019 : Dengan Gizi Seimbang Prestasi Gemilang Indonesia Sehat Dan Produktif


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Gizi sangatlah penting bagi tubuh kita dan gizi erat kaitannya dengan zat-zat yang terdapat pada
makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Maka dari itu kita harus benar-benar memperhatikan konsumsi makanan dan minuman agar gizi menjadi seimbang, karena gizi sendiri berfungsi sebagai komponen pembangun tubuh manusia utuk mempertahankan serta memperbaiki jaringan-jaringan sehingga dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Dalam suatu daerah, wilayah, ataupun negara perlu diperhatikan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar terhindar dari gizi buruk, Air, mineral dan protein merupakan salah satu zat gizi yang mampu membantu proses pembentukan sel jaringan pada tubuh.




Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 januari 2019 diharapkan kita bisa lebih memperhatikan kadar gizi yang kita konsumsi agar kebutuhan gizi kita terpenuhi, dengan terpenuhinya kebutuhan gizi kita bisa lebih mudah dalam belajar dan memahami sebuah materi pelajaran sehingga kita bisa lebih berprestasi sehingga ketika memasuki dunia kerja kita bisa lebih produktif.

Di Indonesia sendiri peringatan hari gizi pertama kali diadakan pada tahun 1960 oleh Lembaga 
Makanan Rakyat (LMR) yang dirintis oleh Bapak Gizi Indonesia yakni poerwo soedarmo karena gizi menjadi peran penting dalam kehidupan bangsa indonesia agar tercipta masyarakat yang peduli gizi sehinggat menjadikan prestasi yang gemilang dan dapat berperan produktif dalam membangun bangsa Indonesia.

Hari Gizi Nasional diperingati agar mengingatkan agar seluruh lapisan masyarakat indonesia 
mengerti betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi sebagai penunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan kita semua. 

Pemerintah sendiri bersama kementerian kesehatan dan Departemen Kesehatan Gizi Republik Indonesia terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu gizi mulai dari perseorangan sampai masyarakat luas, sehingga mutu gizi yang dikonsumsi selalu terpantau sejak dalam kandungan hingga lansia.

Berikut adalah yang termasuk dalam zat gizi :

1. Air 
2. Karbohidrat 
3. Mineral
4. Vitamin
5. Protein
6. Lipida dll

Zat-zat diatas adalah zat pembangun tubuh yang dimana setiap zat memiliki kandungan dan fungsinya sendiri-sendiri, semua zat diatas harus selalu terpenuhi karena ketika kekurangan ataupun berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan jadi zat-zat diatas harus terpenuhi secara seimbang.

10 Pesan Untuk Gizi Seimbang menurut gizidepkes.go.id :

1. Selalu Bersyukur dan menikmati aneka ragam makanan setiap kita makan
2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup dan seimbang
3. Usahakan Konsumsi lauk pauk dengan kadar protein yang tinggi 
4. Biasakan konsumsi aneka ragam makanan pokok
5. Batasi konsumsi makanan yang Manis, Asin dan Berlemak 
6. Biasakan Sarapan Pagi
7. Minum Air Putih yang cukup
8. Biasakan baca kandungan zat yang terdapat pada tabel kemasan 
9. Selalu cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir
10.Lakukan aktivitas yang cukup serta pertahankan berat badan yang normal

Dengan kita melakukan, menerapkan serta mengkonsumsi apa yang sudah dijelaskan diatas semoga zat gizi kita terpenuhi, kesehatan terjaga dan terjauhkan dari penyakin tubuh sehingga dapat tercipta gizi yang seimbang dengan gizi seimbang prestasi akan gemilang dan indonesia menjadi sehat serta Produktif.


HARI GIZI NASIONAL 2019
   SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

1 komentar


EmoticonEmoticon