15 Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin B Kompleks - Solusisederhana.com


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

15 Cara untuk Mengatasi Kekurangan Vitamin B Kompleks
      Mengatasi kekurangan vitamin B kompleks- Vitamin B kompleks merupakan delapan jenis vitamin pemegang peranan penting dalam melakukan kinerja metabolisme pada tubuh manusia, yang kesemua vitaminnya dapat larut di dalam air. Vitamin  yang keberadaannya begitu penting bagi kesehatan tubuh manusia tersebut bisa disebut sebagai vitamin B kompleks apabila sudah mengandung asupan suplemen dari kedelapan tipe vitamin penyusunnya.



Kandungan Vitamin Penyusun B Kompleks
      Berikut delapan vitamin penyusun B kompleks sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan :

1. Vitamin B1 atau Thiamin
2. Vitamin B2 atau Riboflavin
3. Vitamin B3 atau Niasin
4. Vitamin B5 atau Asam Pantotenat
5. Vitamin B6 atau Piridoksin
6. Vitamin B7 atau Biotin
7. Vitamin B9 atau Asam Folat
8. Vitamin B12 atau Kobalamin

      Pentingnya B kompleks bagi tubuh kita tidak boleh diabaikan sebab beragam manfaat penting yang dimilikinya memegang peranan besar bagi kinerja tubuh kita. Beragam manfaatnya bagi tubuh tersebut menyebabkan kebutuhan akan asupan vitamin B kompleks harian harus terpenuhi.Hal ini dikarenakan akan timbulnya berbagai masalah kesehatan yang menyerang tubuh apabila kita kekurangan asupan B kompleks.

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin B Kompleks
       Berikut ini adalah 15 cara untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks apabila dialami tubuh anda : 

1. Memenuhi Sumber Vitamin B1
        Cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks yang pertama adalah dengan mencukupi asupan vitamin B1 sesuai kadar kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin ini bisa didapatkan dari biji bunga matahari, beras merah, asparagus, kembang kol, jeruk, jeroan hati, jeroan otak, gandum, wortel, kacang hijau dan kuning telur.

2. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin B2
        Vitamin bernama lain ribovlafin ini bermanfaat membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin B kompleks, salah satu cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks tersebut adalah dengan memenuhi asupan vitamin B2 melalui konsumsi sumber makanan kaya akan B2 yang bisa ditemukan pada produk olahan susu, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

3. Memenuhi Asupan Vitamin B3
       Memenuhi kebutuhan harian vitamin B3 merupakan cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks yang efektif. Pemenuhan akan kadar vitaminnya bisa dengan mengonsumsi makanan kaya akan B3 seperti jamur, ikan tuna, asparagus, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, ikan salmon, dada ayam, daging rusa, hati domba, daging sapi, telur serta buah mangga.




4. Memenuhi Asupan Makanan Sumber Vitamin B5
      Vitamin dengan nama lain asam pantotenat ini harus dipenuhi asupannya melalui sumber makanan seperti, bunga kol, tomat, bayam, ragi, kedelai, daging ayam serta ikan. Dengan memenuhi asupan vitamin B5 ini, merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks harian tubuhmu.


5. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin B6
        Cara untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin bernama lain piridoksin ini. Makanan tersebut bisa didapatkan dari pisang dan wortel.

6. Mencukupi Kadar Kebutuhan Harian Vitamin B7
     Vitamin bernama lain biotin ini dibutuhkan sejumlah 30 mcg setiap harinya. Mengatasi kekurangan vitamin B kompleks bisa dilakukan dengan mencukupi kadar kebutuhan vitamin B7 yang dapat ditemukan dengan mudah karena tersebar di beragam jenis sumber makanan yang kita konsumsi sehari-harinya.

7. Mengonsumsi Sumber Makanan Yang Kaya Asupan Vitamin B9 (Asam Folat)
      Mengonsumsi sumber makanan yang kaya asupan vitamin B9 merupakan cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks yang mujarab. Vitamin yang juga disebut sebagai asam folat yang berperan dalam pertumbuhan serta regenerasi sel ini banyak terdapat di sumber makanan jenis sayuran berupa bayam, lobak cina, kacang polong, sereal, kentang, tomat dan jeruk.

8. Memenuhi Asupan Makanan Sumber Vitamin B12
        Vitamin yang disebut kobalamin ini bisa mengatasi kekurangan vitamin B kompleks jika kita memenuhi asupannya melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari.. Makanan kaya akan kobalamin tersebut terkandung di dalam jeroan hati, kepiting, kerang, keju, daging sapi, telur, dan susu. Selain dapat mengatasi kekurangan vitamin B kompleks, vitamin ini juga berfungsi menstabilkan fungsi syaraf dan otak serta berperan dalam proses sintesis DNA dan RNA.

9. Memenuhi Kebutuhan Tubuh Akan Vitamin B15
        Cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks selanjutnya bisa dilakukan dengan memenuhi asupan vitamin B15 sesuai kebutuhan tubuh kita. Vitamin yang juga disebut sebagai asam pengamat dapat dengan mudah ditemukan karena bersumber di dalam jenis makanan seperti bekatul, jagung, dan kacang havernut.

10. Mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks
       Jika Anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks, maka cara mengatasi kekurangan B kompleks dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi suplemen penambah kadar vitamin B kompleks dalam tubuh. Namun harus diingat, karena ini merupakan penanganan secara kimia, jadi Anda harus memperhatikan takaran yang dianjurkan dan mengonsumsinya sesuai takaran tersebut.




11. Mengonsumsi Ikan
        Mengonsumsi berbagai jenis ikan terutama yang berasal dari laut (ikan laut) memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks. Dengan konsumsi ikan laut ini secara rutin maka keluhan sebab kekurangan vitamin B kompleks dapat diminimalisir seminim mungkin.

12. Mengonsumsi Daging Dan Telur
     Konsumsi daging dan telur dapat menjadi salah satu cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks. Daging yang kaya akan vitamin B6 terbukti ampuh mendongkrak jumlah asupan akan vitamin B kompleks dalam tubuh.

13. Konsumsi Biji-bijian Dan Kacang-kacangan
        Biji-bijian dan kacang-kacangan yang kandungannya kaya akan vitamin B kompleks merupakan cara tepat untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks dalam tubuh.

14. Konsumsi Susu Dan Produk Olahannya
       Mengatasi kekurangan vitamin B kompleks dapat dilakukan dengan mengonsumsi susu maupun produk olahannya, seperti keju, yoghurt, dll.

15. Mengonsumsi Sayuran Hijau
     Langkah berikutnya jika anda kekurangan vitamin B kompleks adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran, terutama sayuran berwarna hijau.

    Itulah sedikit penjelasan tentang vitamin B kompleks yang ternyata terdiri dari beberapa vitamin B lainnya yang saling berkaitan dan memenuhi kebutuhan akan vitamin B kompleks, Dari pembahasan yang admin sampaikan tentang  15 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan asupan vitamin B kompleks pada tubuh Anda. Mudah untuk didapatkan dan dilakukan bukan? Ayo segera penuhi kebutuhan vitamin B kompleks tubuh.


      15 CARA MENGATASI KEKURANGAN VITAMIN B KOMPLEKS
SALAM HIDUP SEHAT


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. Waaah mantap bro. Artikelnya sangaaaaat bermanfaat banget buat saya. Tampilan blognya juga bagus. Lanjutkan bro, buat post bermanfaat seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung..salam hidup sehat..

      Hapus


EmoticonEmoticon