Tetap Sehat Di Hari Raya Idul Adha 2019, Dengan Cara Konsumsi Daging Secukupnya


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1440 H/ 11 AGUSTUS 2019

  Hari raya idul adha atau biasa juga disebut dengan hari raya Kurban yang biasanya jatuh pada tanggal 10 bulan dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriyah dalam penanggalan kalender islam, yang dimana dalam kalender Masehi jatuh pada tanggal 11 bulan agustus 2019, dengan adanya pembagian daging hewan kurban hampir semua kalangan masyarakat bisa merasakan kenikmatan makan daging di hari raya idul adha.

  Banyaknya daging hewan kurban yang dibagikan menjadikan stok daging kambing, sapi atau kerbau dirumah banyak bahkan kulkaspun biasanya menjadi penuh dengan daging serta kadar konsumsi daging jauh lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya dan menu yang ada hampir semuanya berkisar dengan daging berbagai macam olahan.

  Daging merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh seperti protein, vitamin B serta sumber mineral seperti fosfor, selenium, zinc, zat besi yang baik dan penting bagi tubuh. Daging sapi sendiri mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh, dampak dari seringnya mengkonsumsi daging sapi akan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, penyakit jantung dan stroke.



      Cara mengolah menyimpan dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan seperti berikut :

1. Cara Mengolah 
  Sebelum menyentuh daging cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih dan sabun agar bakteri yang ada ditangan tidak menyebar, Cuci pisau dan telenan yang ingin dipakai untuk memotong daging, jika ingin memasaknya lebih disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu agar kadar minyak sedikit berkurang dan daging lebih empuk.

2. Cara Menyimpan
  Ketika menyimpan daging dalam kulkas terutama daging sapi sebaiknya dalam jangka 1-2 hari, namun jika sudah dimasak maka akan bertahan kurang lebih 3-4 hari, dengan menyimpan disuhu -18 derajat celcius agar daging tetap segar, nutrisi tetap baik dan umur penyimpanan semakin panjang, daging yang disimpan dalam freezer dengan daging mentah bisa bertahan hingga 2 atau 3 bulan sedangkan daging matang sekitar 2-5 bulan.

3. Cara Mengkonsumsi
  Barengi konsumsi daging dengan sayuran berserat yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolestrol yang ada pada daging, jangan berlebihan mengkonsumsi daging ketika sedang dalam proses pengobatan oleh dokter jika dilarang makan daging berlebihan dan memiliki penyakit yang akan bertambah parah jika mengkonsumsi daging.

        Tips Makan Daging Yang Sehat Saat Idul Adha 2019 dengan tetap memperhatikan kadar gizi nya dan merebusnya dengan rempah-rempah agar tekstur daging lebih empuk dan tidak berbau amis, menambahkan beberapa menu pendamping daging yang sehat yakni sayuran seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa dengan dicampurkan bersama olahan daging atau bisa juga dibuat jus buah-buahan.

  Gunakan rempah-rempah alami untuk mengolah daging karena penggunaan bumbu rempah yang alami menjadikan sumber fitonutrien yang dipercaya bagus untuk kesehatan tubuh, Kurangi penggunaan bumbu kemasan karena jika penggunaan nya berlebihan dapat menyebabkan permsalahan lain, kadar normal konsumsi daging dalam sehari berkisar antara 120-140 gram baik daging sapi ataupun daging kambing, sedangkan untuk penderita penyakit diabetes, kolestrol yang tinggi, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi hanya boleh mengkonsumsi daging kambing 50 gram untuk sekali makan agar tidak memperparah penyakitnya, kemudian untuk penderita darah rendah bisa konsumsi seperti orang sehat agar bisa mencukupi kadar darah dalam tubuh sehingga kembali seimbang.

  Kementerian kesehatan dalam hal ini Nila Moeloek "Masyarakat harus sadar diri dan tidak berlebihan dalam konsumsi daging dan pemenuhan gizi seimbang dalam makanan sehari-hari terutama bagi yang memiliki riwayat kolestrol dan darah tinggi agar selalu memeriksakan kesehatan setiap bulannya"

  Jadi tetap ingat ya jangan rakus dengan daging di hari raya idul adha 11 agustus 2019 besok, tetap kontrol pola makan, jaga kesehatan, olahraga yang rajin, serta selalu periksa kesehatan anda, karena kesehatan no 1 agar kehidupan kita bisa berjalan sebagaimana mestinya bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari.

TETAP SEHAT DI HARI RAYA IDUL ADHA 1440 H/2019
SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

2 komentar

  1. Makasih bang tipsnya. Sangat membantu dalam penyimpanan daging kurban yg menumpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daging qurban, konsumsilah sesuai kebutuhan..terimakasih sudah berkunjung..salam hidup sehat..

      Hapus


EmoticonEmoticon